Terowongan Notog



Terowongan Notog terletak di Desa Notog, Kabupaten Banyumas, Propinsi Jawa Tengah. Terowongan ini memiliki panjang 260 meter dan dibangun oleh perusahaan kereta api SS (Staats Spoorwegen) pada tahun 1915. Terowongan ini dibangun untuk mendukung jalur kereta api rute Cirebon - Kroya.
Di atas terowongan Notog terdapat makam tua yang mana merupakan makam dari para pekerja pembangunan terowongan Notog. Pembangunan terowongan ini telah menelan banyak korban jiwa karena dilakukan dengan sistem kerja paksa.
Salah satu keunikan terowongan ini adalah jalur kereta api yang melengkung sehingga membuat kedua ujung terowongan tidak dapat saling terlihat. Hal ini terjadi karena daerah Notog merupakan daerah dengan kondisi medan yang cukup sulit. 
Namun dengan adanya rencana pembangunan jalur ganda rute Cirebon - Kroya, terowongan Notog kemungkinan akan dinonaktifkan. Mengingat kondisi medan yang cukup sulit serta tidak memungkinkan untuk membuat jalur kedua di samping jalur yang lama maka dibuat terowongan Notog baru untuk jalur ganda. Terowongan Notog akan tetap dipertahankan walaupun nanti sudah tidak dilalui kereta api lagi.




Sumber :http://indonesianheritagerailway.com/index.php?option=com_content&view=article&id=173&Itemid=185&lang=id

Categories: ,
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Flag Counter
anekahosting.com web hosting murah terbaik di indonesia

 

Musik

Baner




backlink Sandaran Hati